PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPS SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI SIEM

Penulis

  • Yuni Sariati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran talking stick dan take and give terhadap hasil belajar siswa pada materi IPS sumber daya alam di kelas IV SD Negeri Siem. Pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dalam bentuk penelitian eksperimen. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 16 siswa yang diberikan soal tes. Soal yang digunakan berupa soal  pilihan ganda dengan pokok bahasan sumber daya alam dan pemanfaatannya. Teknik pengumpulan data berupa pemberian test kepada siswa, yaitu pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleht hitung ,7,82 > ttabel 0,213 yang berarti sesuai dengan kriteria pengujian H0 ditolak pada taraf signifikan ,. Dengan demikian, peneliti dapat simpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model talking stick  dan model take and give di kelas IV A SD Negeri Siem. Nilai rata-rata siswa kelompok A, yang diajarkan dengan menggunakan model talking stick pada soal pre test lebih tinggi yaitu 65,63, dibandingkan dengan siswa kelompok B model take and give yaitu 56,25. Begitu juga dengan perolehan nilai rata-rata siswa pada soal post test yang diajarkan dengan model talking stick lebih tinggi yaitu 89,38 sedangakan model take and give yaitu 82,19. Hal ini terjadi karena pada saat proses pembelajaran, ada beberapa siswa kurang fokus dan tidak terbiasa belajar dengan menggunakan model take and give, sehingga materi yang disampaikan tidak dapat dipahami sepenuhnya. Dengan demikian, siswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan baik dan benar, sehingga menyebabkan hasil belajar menjadi rendah.

Kata kunci: Perbandingan, talking stick, take and give, hasil belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar