Pengaruh Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B2 di TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh

Penulis

  • mis yuli Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kata Kunci: Pengaruh, Media boneka tangan, Kemampuan Berbicara Anak.

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan selama PPL pada bulan Oktober 2021 terhadap anak kelompok B2 di TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh, ditemukan bahwa kemampuan berbicara anak masih belum berkembang secara maksimal. Anak belum mampu untuk menjawab dan menceritakan kembali isi cerita yang telah disampaikan guru, dan kemampuan anak dalam menjawab ataupun menceritakan kembali isi cerita yang dibawakan guru masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah media boneka tangan berpengaruh terhadap kemampuan berbicara anak Kelompok B2 di TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok B2 di TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan one-group pre-test-post-test design. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan anak. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pretest dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berbicara anak melalui penggunaan media boneka tangan Pada Kelompok B2 di TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh sebesar 29,02 untuk rata-rata pretest dan sebesar untuk rata-rata post-test anak. Disamping itu, berdasarkan dari perhitungan uji hipotesis t diperoleh = =, sehingga diperoleh nilai yaitu , maka ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media boneka tangan berpengaruh terhadap kemampuan berbicara anak Kelompok B2 di TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh. Diharapkan kepada guru agar menerapkan media boneka tangan ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD