Pengaruh Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas III SD Negeri 57 Banda Aceh

Penulis

  • Rini Gustini Universitas Bina Bangsa Getsempena

Abstrak

Pengetahuan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita, bahkan boleh dikatakan bahwa pengetahuan sudah merupakan suatu kebutuhan. Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan. Pembelajaran keterampilan menyimak di Sekolah Dasar merupakan pembelajaran yang wajib mendapat perhatian untuk terus di tingkatkan. Penggunaaan media dapat memberikan stimulus yang kuat kepada siswa agar lebih mudah memahami isi cerita yang di simaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual dalam meningkatkan keterampilan menyimak dongeng. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan  kuantitatif, dengan metode eksperiment one group pre test dan post test design. Berdasarkan hasil pre-test, nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 44,23 selanjutnya nilai rata-rata hasil post-test adalah 80,76 jadi kemampuan siswa dalam menyimak dongeng setelah diterapkan media animasi audio visual mempunyai hasil belajar yang lebih baik dibanding dengan sebelum penerapan media animasi audio visual. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji t dapat diketahui bahwa t-hitung = 2,00 dan t-tabel = 2,059 maka diperoleh t-hitung < t-tabel atau 2,00 < 2,059 ini menyataka H1 diterima dan Ho ditolak.

Kata Kunci: Audio Visual, Keterampilan Menyimak Dongeng

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar