Pengembangan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas 5 SDN 5 Silih Nara

Penulis

  • Rossamina Simehate Universitas Bina Bangsa Getsempena

Abstrak

Kualitas pembelajaran merupakan suatu ukuran yang menunjukkan seberapa tinggi kualitas interaksi antara pendidik dengan peserta didik yang terjadi dalam tempat pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik penggunaan media permainan edukatif yang dapat menarik minat siswa dalam proses pemeblajaran, ragam media pembelajaran permainan edukatif yang dapat digunakan, salah satunya media teka teki silang. Tujuan penelitian ini dapat mengetahui lebih jelas deskripsi pengembangan media teka-teki silang dan efektif atau tidaknya pengembangan media pada tema lingkungan sahabat kita di Kelas 5 SDN 5 Silih Nara. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development). Sedangkan model yang digunakan adlah model ADDIE.  Hasil penelitian dengan skala besar, dari tanggapan ahli media, design dan bahasa, perolehan nilai dengan kriteria sangat layak yaitu 91,67 dan penilaian siswa terhadap media teka-teki silang melalui angket/kuesioner mendapatkan total rata-rata “Sangat Baik” hal tersebut dapat dilihat pada rata-rata skor keseluruhan 3.88. Jika berpedoman pada rentang nilai, angka 3.26-4.00 mendapat kriteria “Sangat Baik”. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media teka-teki silang dapat digunakan dengan baik serta dapat menjadi media pada semua pelajaran di sekolah dasar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar