PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP KARTIKA XIV BANDA ACEH

Penulis

  • Umi Ramadani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ahmad Nasriadi Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Rahmatullah Rahmatullah Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Pengembangan, LKPD, kontekstual.

Abstrak

LKPD sangat diperlukan dalam pembelajaran untuk mendukung peserta didik dalam
menstimulasi kemampuan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Ketersedian
LKPD yang terbatas mengharuskan guru untuk mengembangkan LKPD berbasis
kontekstual sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian
ini untuk mendeskripsikan tahap pengembangan LKPD berbasis kontekstual pada pokok
bahasan pola bilangan dan untuk mengetahui apakah LKPD berbasis kontekstual
memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini bernis pengembangan atau
Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE, meliputi
analisis desain pengembangan, implementasi dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui
angket dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis teknik analisis data kuantitatif dan juga
analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan LKPD ini
mengadopsi model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Lee dan Owens
yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi
(implementation) dan evaluasi (evaluation). Tetapi, untuk pengembangan LKPD ini, peneliti
hanya membatasi sampai tahap development (pengembangan) dan telah dimodifikasi. (2)
Hasil pengembangan LKPD berbasis kontekstual pada materi pola bilangan layak
digunakan dilihat dari aspek kevalidan. Berdasarkan hasil ahli materi maupun validasi ahli
media, maka hasil yang diperoleh adalah untuk materi pesentase validitas adalah 88%
dengan kategori Sangat baik/Sangat Valid. Selanjutnya, hasil validasi ahli media diperoleh
persentase sebanyak
83% dengan kategori Sangat baik/Sangat Valid. Dengan demikian, LKPD berbasis
kontekstual yang dikembangkan dapat diimplemtasikan di kelas VIII SMP Kartika XIV
Banda Aceh. Sedangkan dari segi praktis dan efektif tidak dilakukan uji coba dikarenakan
siswa SMP Kartika XIV Banda Aceh belajar daring.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20