MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI MEDIA POHON HURUF PADA KELOMPOK B1 DI RA AHLUL QURAN LAMSIDAYA ACEH BESAR
Kata Kunci:
Lambang Huruf, Pohon HurufAbstrak
Idealnya, anak usia dini 5-6 tahun sudah mampu menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama dan memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf. Namun yang terjadi di Ra Ahlul Quran Lamsidaya Aceh Besar, khususnya kemampuan mengenal lambang huruf belum berkembang secara optimal dibandingkan dengan kemampuan-kemampuan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf melalui media pohon huruf pada kelompoh B1. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 2 siklus, dalam setiap siklusnya dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di RA Ahlul Quran Lamsidaya Aceh Besar, berjumlah 10 anak. Pengumpulan data dilakukan secara observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah perolehan dengan kategori BB 30% berjumlah (3 anak), kategori MB 20% berjumlah (2 anak), kategori BSH 30% berjumlah (3 anak), kategori BSB 20% berjumlah ( 2 anak). Siklus II tidak ada kategori BB dan MB namun terdapat 30% dengan kategori BSH sebanyak 3 anak, dan kategori BSB 70% sebanyak 7 anak. Disimpulkan bahwa kemampuan mengenal lambang huruf anak di RA Ahlul Quran yang distimulasi melalui media pohon huruf menunjukkan adanya peningkatan , hal ini terlihat pada kemampuan anak yang sudah mampu menyebutkan lambang huruf pada pohon huruf.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.