PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA NEGERI KOTA BAHAGIA

Penulis

  • Irmalisa Irmalisa Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Mulia Putra Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ahmad Nasriadi Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Pemahaman konsep matematis siswa, pembelajaran PBL dan Discovery Learing

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis siswamenggunakan model pembelajaran PBL. Salah satu tujuan matematika adalah kemampuan menjelaskan keterkaitan antar konsep matematika. Oleh karena itu, pemahamankonsep matematis sangat penting dalam proses pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran menjadi penentu perkembangan  pemahaman konsep matematis siswa. Model pembelajaran PBL menjadi alternatif yang tepat untuk siswa mengembangkan pemahaman konsep matematisnya. Proses pembelajaran PBL dilakukan dengan memberikan soal tes uraian yang berjumlah 3 soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Kota Bahagia yang terdiri dari 42 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis berupa pretest-posttest dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri Kota Bahagia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-30

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika