KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA DI SMAN 1 TEUPAH SELATAN
Kata Kunci:
Kesulitan Siswa, Soal HOTS, Matematika Berbasis EtnomatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa kelas X-IPS pada SMA 1 Teupah Selatan dalam menyelesaikan soal HOTS matematika berbasis Etnomatematika dan mengetahui bagaimana kesulitan yang dialami oleh siswa kelas X-IPS pada SMA 1 Teupah Selatan dalam menyelesaikan soal HOTS matematika berbasis Etnomatematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPS sebanyak 20 siswa yang mengikuti tes soal HOTS dan 5 siswa dari 20 siswa yang di wawancarai. Berdasarkan dari hasil yang diperoleh bahwa subjek RR masuk ke dalam katagori kemampuan tinggi. Subjek SR dalam menjawab soal dengan salah dan hanya sebagian langkah, maka dari hal tersebut subjek SR masuk ke dalam katagori kemampuan rendah. Subjek AJ dalam tes tertulis terdapat kekeliruan dan subjek AJ tidak memberikan alasan dalam pengambilan kesimpulannya, maka dari hal tersebut subjek AJ masuk ke dalam katagori kemampuan sedang. Subjek RR tidak memberikan kesimpulan pada permasalahan soal nomor 1 dan 2. Dan jika salah satu informasi dalam soal dihilangkan maka subjek RR tidak mampu memberikan suatu kesimpulan, maka dari hal tersebut subjek RR masuk ke dalam katagori kemampuan sedang. Subjek AFS menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal dengan kurang sempurna namun dalam tes tertulis terdapat kekeliruan pada tahap mendapatkan hasil akhir untuk nilai pada rumus volume prisma. Subjek AFS juga tidak memberikan kesimpulannya dan subjek AFS tidak memberikan kesimpulan pada permasalahan tersebut, maka dari hal tersebut subjek AFS masuk ke dalam katagori kemampuan sedang.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.