PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 INDRAPURI ACEH BESAR

Penulis

  • Ulfah Maulidar universitas bina bangsa getsempena
  • Siti Mayan Sari Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Safrina Junita Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Model Pembelajaran PBL, Pembelajaran IPA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Indrapuri pada Pembelajaran IPA subtema 1 materi ekosistem. Untuk mengetahui apakah model problem based learning (PBL) berpengaruh dalam meningkatkan  hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Indrapuri pada Pembelajaran IPA subtema 1 materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen karena gejala yang ditimbulkan diperlakukan dengan sengaja oleh peneliti, jenis eksperimen yang digunakan adalah pre-experimen dengan desain yaitu one-group pretes-postest. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan serta berdasarkan pengolahan data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Penerapan model problem based learning efektif terhadap peningkatan hasil belajar  pada siswa kelas V SD Negeri 2 Indrapuri Aceh Besar,  bahwa thitung > ttabel, yaitu 36,89 > 2,14 sehingga hipotesis dalam penelitian ini di terima.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-23

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar