PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA SEHAT ITU PENTING DI KELAS V SD NEGERI 68 BANDA ACEH

PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA SEHAT ITU PENTING DI KELAS V SD NEGERI 68 BANDA ACEH

Penulis

  • Winda Sarmonita Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Metode, inkuiri, hasil belajar.

Abstrak

Abstrak

 

Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 68 Banda Aceh masih tergolong rendah, khususnya pada tema sehat itu penting, kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor yang salah satunya adalah penggunaan metode yang kurang tepat. Untuk itu dilakukan upaya perbaikan dengan menggunakan metode inkuiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode inkuiri pada tema sehat itu penting terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 68 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pra eksperiment dengan desain one-shot case study. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V berjumlah 28 siswa dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sehingga penelitian ini menjadi penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan uji statistik (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 68 Banda Aceh yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata pree test yaitu dari 39,5 meningkat menjadi 71,5 pada post test yang diperkuat dengan hasil uji hipotesis bahwa nilai thitung > ttabel (9,85 >1,67) sehingga Ha diterima. Simpulan penelitian ini penerapan metode inkuiri pada tema sehat itu penting tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 68 Banda Aceh.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar