Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis TPACK Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 9 Banda Aceh

Penulis

  • Nutia Riani Nutia Riani, Mik Salmina, Ahmad Nasriadi

Kata Kunci:

Video Pembelajaran, TPACK, Motivasi Belajar Siswa

Abstrak

Untuk menumbuhkan motivasi dan rasa ingin tahu siswa diperlukan adanya suatu peningkatan motivasi belajar dalam diri siswa melalui media pembelajaran yang baik. Salah satunya penggunaan video pembelajaran berbasis Technological Pedaggical and Content Knowlegde (TPACK), agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga siswa mempunyai motivasi belajar yang tinggi bahkan bisa jadi sangat tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran berbasis TPACK terhadap peningkatakan motivasi belajar siswa di kelas X SMA Negeri 9 Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dimana Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 Banda Aceh yang beralamat di komplek Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya Banda Aceh dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah angket (Kuesioner), observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa, motivasi belajar siswa di SMA Negeri 9 Banda Aceh yaitu kategori sangat tinggi sebanyak 23,33%, kategori tinggi sebanyak 53,33%, kategori sedang sebanyak 6,67%, kategori rendah sebanyak 10%, dan kategori sangat rendah sebanyak 6,67%. Sedangkan berdasarkan hasil uji statistik t bahwa nilai thitung yang diperoleh adalah sebesar 2,97. Sedangkan nilai ttabel didapatkan dari daftar distribusi ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk 30-2 = 28, maka thitung ≥ ttabel, yaitu 2,97 ≥ 1,70. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran berbasis TPACK terhadap peningkatakan motivasi belajar siswa di kelas X SMA Negeri 9 Banda Aceh. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Proses dalam pembelajaran yang efektif, menyenangkan, menarik, dan bermakna bagi siswa dipengaruhi oleh unsur guru itu sendiri dan metode pembelajaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika