PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) DENGAN KONTEKS KEHIDUPAN NYATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TURUNAN DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA

Penulis

  • nabila anisa universitas bina bangsa getsempena

Kata Kunci:

Strategi Active Learning, Index Card Match, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi active learning tipe index card match (ICM) dengan konteks kehidupan nyata untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan di kelas XI SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 SMAN 1 Krueng Barona Jaya dengan jumlah siswa yang menjadi sampel penelitian ini adalah 21 orang yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil belajar siswa kelas XI MIA 2 SMAN 1 Krueng Barona Jaya pada pra tindakan yaitu 48,57% dengan kategori kurang, dan meningkat pada siklus I dengan nilai ketuntasan mencapai 65,75% dengan kategori cukup. Adapun peningkatakan pada siklus II dengan nilai 82,25% dalam kategori baik, sehingga terlihat peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan hasil belajar siswa pada siklus II dengan peningkatan yang signifikan. Penelitian ini berhenti pada siklus II karena indikator keberhasilan telah tercapai dan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi active learning tipe index card match (ICM) dengan konteks kehidupan nyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan di kelas XI SMAN 1 Krueng Barona Jaya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika