EFEKTIVITAS MEDIA FAIRTALE POP UP BOOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA TEMA 3 KELAS IV SDN ATONG MONTASIK

Penulis

  • Laina Laina Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Fairtale Pop Up Book, Minat Belajar Siswa

Abstrak

Minat belajar adalah perasaan ingin tahu, mempelajari, mengagumi atau memiliki sesuatu. Seorang siswa hendaknya memilki minat yang timbul dari dalam diri pribadi untuk belajar. Belajar adalah sesuatu yang terjadi secara alami untuk mendapatkan pengetahuan atau keterampilan dengan melalui kegiatan belajar mengajar. Rumusan masalah adalah Bagaimana pengaruh media pop-up book dalam meningkatkan  minat siswa kelas IV SD N Atong Montasik.?. Tujuan  Penelitian adalah Untuk mengetahui bagaimana pengaruh media fairtale pop-up book dalam meningkatkan  minat belajar siswa kelas IV SD N Atong Montasik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen karena gejala yang ditimbulkan diperlakukan dengan sengaja oleh peneliti, jenis eksperimen yang digunakan adalah pre-experimen dengan desain yaitu one-group pretes-postest. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan serta berdasarkan pengolahan data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa: Penerapan model pembelajaran Fairtale Pop Up Book efektif terhadap peningkatan minat belajar  pada siswa kelas IV SD Negeri Atong Montasik,  bahwa thitung > ttabel, yaitu 6,5 > 2,14sehingga hipotesis dalam penelitian ini di terima.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar