EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ISPRING SUITE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN 4 BANDA ACEH

Penulis

  • Intan Permata Sari Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

iSpring Suite, Kemampuan Matematika Siswa

Abstrak

Berdasarkan hasil obervasi yang peneliti lakukan pada kelas VIII di MTsN 4 Banda Aceh, sebagian besar siswa seringkali kurang termotivasi dalam proses pembelajaran matematika. Kemampuan matematika siswanya juga masih perlu ditingkatkan, karena hasil belajar matematika 20 orang dari 34 orang siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Apakah media iSpring Suite efektif dalam meningkatkan kemampuan matematika siswa kelas VIII MTsN 4 Banda Aceh serta 2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media iSpring Suite terhadap peningkatan kemampuan matematika siswa kelas VIII MTsN 4 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, jenis eksperimen yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain One-Group Pre-Test - Pos-Test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang  terdapat 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas kontrol dan eksperimen, yaitu kelas VIII MTsN 4 Banda Aceh dengan jumlah siswa yang menjadi sample penelitian ini adalah 32 orang siswa yang terdiri dari 22 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berdasarkan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pembelajaran iSpring Suite 9 pada kelas eksperimen berada dalam kriteria cukup efektif terhadap peningkatan kemampuan matematika siswa kelas VIII di MTsN 4 Banda Aceh. Maka, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran iSpring Suite 9 pada kelas eksperimen efektif terhadap peningkatan kemampuan matematika siswa. Media iSpring Suite dalam penelitian ini efektif dengan kriteria cukup terhadap peningkatan kemampuan matematika siswa. Nilai rata-rata efektifnya sebesar 70,43%.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika