Peningkatan Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Think Talk Write Pada Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar

Penulis

  • indah Indah Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Struktur dan kebahasaan teks anekdot, think talk write.

Abstrak

Kemampuan siswa dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot siswa kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar masih rendah atau di bawah kriteria ketuntasan yang ditetapkan. Upaya peningkatan ketuntasan siswa dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran think talk write. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian sebanyak 29 siswa, data dikumpulkan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan dideskripsikan dengan kalimat-kalimat sederhana untuk menjabarkan hasil setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa menganalisis struktur teks anekdot pada pra siklus sebanyak 31% yang tuntas, pada siklus I sebanyak 45% tuntas dan meningkat menjadi 83%. Kemampuan siswa menganalisis kebahasaan teks anekdot pada pra siklus sebanyak 31% yang tuntas, pada siklus I sebanyak 48% meningkat menjadi 86% pada siklus II sekaligus mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. (2) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot struktur dan kebahasaan teks anekdot pada siklus I termasuk kategori baik dengan nilai 78 dan meningkat menjadi baik sekali pada siklus II dengan nilai 94. Selanjutnya, aktivitas siswa pada siklus I termasuk kategori cukup dengan nilai 69 meningkat menjadi baik pada siklus II dengan nilai 84.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Indonesia