STUDI INTENSITAS KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA SERAMBI MEKKAH

Penulis

  • ijaswati ijaswati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Tingkat Intesitas, Perpustakaan, Kemampuan Penalaran Matematis, Mahasiswa

Abstrak

Kemampuan penalaran matematis ini berguna bagi seseorang dalam proses membangun dan membandingkan gagasan-gagasan dari beragam situasi yang dihadapi, sehingga ia dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan hidupnya. Perpustakaan memiliki peranan penting dalam meningkatkan kemampuan matematis mahasiswa, terutama perpustakaan yang memiliki intensistas kunjungan pengguna yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh intensitas kunjungan ke perpustakaan terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa Universitas Serambi Mekkah. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam penelitian ini adalah penekatan kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini ialah 15 orang mahasiswa Jurusan PGSD. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis kualitatif yang terdiri dari data collection, data reduction, display dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disimpulkan bahwa intensitas kunjungan ke perpustakaan berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa Universitas Serambi Mekkah, hal ini dapat dilihat dari hasil tes uji penalaran mahasiswa diperoleh bahwa mahasiswa yang mendapat tinggi sebanyak 10 mahasiswa (70%), dan yang mendapat nilai rendah sebanyak 5 orang (30%). Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat intesitas mahasiswa mengunjungi perpustakaan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis mahasiswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar