PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X IPAS 7 SMA NEGERI 11 BANDA ACEH

Penulis

  • Hanifa Aisha Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kata kunci: teks eksposisi, project based learning, menulis.

Abstrak

Hanifa Aisha. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi pada siswa kelas X-IPAS 7 SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bina Bangsa Getsempena. Pembingbing I Wahidah Nasution, M.Pd dan pembingbing II Rika Kustina, M.Pd.

Penelitian ini dilatar belakangi dari kemampuan siswa kelas X IPAS 7 dalam menulis Teks Eksposisi masih rendah. Upaya peningkatan tersebut maka, digunakan model Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Project Based Learning dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X IPAS 7 SMAN 11 Banda Aceh melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi dengan hasil penelitian yang ditunjukkan pada siklus II yaitu 94,57. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan guru dan siswa pada saat penerapan model pembelajaran Project Based Learning baik untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis teks eksposisi dengan hasil pengamatan guru yaitu 4,8 dan hasil dari pengamatan siswa 4,7.

Hanifa Aisha. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi pada siswa kelas X-IPAS 7 SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bina Bangsa Getsempena. Pembingbing I Wahidah Nasution, M.Pd dan pembingbing II Rika Kustina, M.Pd.

Penelitian ini dilatar belakangi dari kemampuan siswa kelas X IPAS 7 dalam menulis Teks Eksposisi masih rendah. Upaya peningkatan tersebut maka, digunakan model Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Project Based Learning dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X IPAS 7 SMAN 11 Banda Aceh melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi dengan hasil penelitian yang ditunjukkan pada siklus II yaitu 94,57. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan guru dan siswa pada saat penerapan model pembelajaran Project Based Learning baik untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis teks eksposisi dengan hasil pengamatan guru yaitu 4,8 dan hasil dari pengamatan siswa 4,7.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Indonesia