MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI MEDIA POHON HURUF PADA KELOMPOK B1 DI RA AHLUL QURAN LAMSIDAYA ACEH BESAR

Penulis

  • Mita Norisa Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Wahidah Nasution Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Lambang Huruf, Pohon Huruf

Abstrak

Idealnya, anak usia dini 5-6 tahun sudah mampu menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, menyebutkan  kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama dan memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf. Namun yang terjadi di Ra Ahlul Quran Lamsidaya Aceh Besar, khususnya kemampuan mengenal lambang huruf belum berkembang secara optimal dibandingkan dengan kemampuan-kemampuan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf melalui media pohon huruf pada kelompoh B1. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 2 siklus, dalam setiap siklusnya dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di RA Ahlul Quran Lamsidaya Aceh Besar, berjumlah 10 anak. Pengumpulan data dilakukan secara observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I  jumlah perolehan dengan kategori BB 30% berjumlah (3 anak), kategori MB 20% berjumlah (2 anak), kategori BSH 30% berjumlah (3 anak), kategori BSB 20% berjumlah ( 2 anak). Siklus II  tidak ada kategori BB dan MB namun terdapat 30% dengan kategori BSH sebanyak 3 anak, dan kategori BSB 70% sebanyak 7 anak. Disimpulkan bahwa kemampuan mengenal lambang huruf anak di RA Ahlul Quran yang distimulasi  melalui media pohon huruf menunjukkan  adanya peningkatan , hal ini terlihat pada kemampuan anak  yang sudah mampu menyebutkan lambang huruf pada pohon huruf.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-30

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD