Pengembangan Media Audio Visual Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelompok A TK -AL kawanad Banda Aceh

Penulis

  • Isma Wati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Abstrak

Media merupakan alat permainan yang dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar yang ikut membantu guru dalam memperkaya wawasan peserta didik. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana pengembangan Media Audio Visual Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyyah Pada Anak Kelompok A TK Al KAWANAD Banda Aceh. Dan Untuk mengetahui kelayakan Media Audio Visual Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyyah Pada Anak Kelompok A TK Al KAWANAD Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 15 murid dan 2 guru TK AL- KAWANAD yang berjumlah 17 orang, yang dapat memberikan informasi tentang Tujuan peneliti. Berdasarkan hasil pengembangan media audio visual menggunakan model pengembangan R&D (Research & Development) diawali dengan tahap 1 (analisis), Tahap 2 (Design, 3 (Development) ,Tahap 4 (Implementasi) dan Tahap 5 (Evaluasi). Secara keseluruhan nilai rata-rata yang diperoleh dari para ahli  skor rata-rata keseluruhannya yaitu 4 sehingga dapat dinyatakan bahwa media Audio Visual layak untuk digunakan pada anak.  Media Audio Visual yang telah dikembangkan telah dilakukan uji coba pada anak TK Kelompok A dengan jumlah anak 15 orang. Adapun hasil yang diperoleh dari hasil rata-rata 4 kategori Berkembang Sangat Baik yang dinilai sesuai dengan indikator yang dicapai.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD