PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING (GNT) BERBANTUKAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN KELAS IV SD NEGERI TANAH BARA

Penulis

  • Khairul Nasariyah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Helminsyah Helminsyah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zaki Al Fuad Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zaki Al Fuad Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Model Guided Note Taking(GNT) media video, hasil kognitif.

Abstrak

Science learning at the primary school level is the basis for highereducation, but in reality it is not
yet as expected. The cognitive abilities of the fourth grade students of SD Negeri Tanah Bara,
especially in the material parts of plants, are still below the Minimum Completeness Criteria
(KKM) 70. When the learning process takes place
the teacher tends to use conventional methods in
the form of transfer of knowledge from teachers to students using the lecture method, so that
students feel bored because the learning process is not interesting. The formulation of the problem
in this research is whether the Guided Note Taking (GNT) learning model assisted by media video
has an effect on the learning outcomes of the fourth grade plant parts of SD Negeri Tanah Bara in

the academic year 2020/2021?. This study aims to analyze the feasibility of the Guided Note
Taking (GNT) learning model assisted by media video on the learning outcomes of the fourth grade
plant parts of SD Negeri Tanah Bara. This research is an experimental research with quantitative
research methods. This type of reseaarch is a pre-experimental design,with a one-group pre-test
post-test design. The sample in this study were students of grade fourth SD Negeri Tanah Bara
with a total of 12 students, the sample was taken by using purvosive sampling technique. The
results of the research based on the results of the hypothesis testing obtained t-count of 3,196,782
while the t-table is 1,81246. The results of this study indicate that the t-count value is greater than
the t-table value so that it can be concluded that Ha is accepted and Ho is rejected, this proves that
the Guided Note Taking (GNT) learning model assisted by media video is able to improve student
learning outcomes on plant parts material for grade fourth SD Negeri Tanah Bara.

Abtsrak

Materi pembelajaran IPA pada tingkat Sekolah Dasar merupakan awal menuju jenjang
pendidikan IPA yang lebih tinggi, tapi faktanya belum sesuai harapan. Kemampuan
kognitif siswa kelas IV SD Negeri Tanah Bara khususnya pada materi bagian-bagian
tumbuhan nilai siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasa Minimal (KKM) 70. Saat proses
pembelajaran berlangsung guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah,
sehingga siswa merasa bosan karena proses pembelajaran yang kurang menarik. Adapun
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Guided Note
taking (GNT) berbantukan Media Video berpengaruh terhadap hasil belajar materi
bagian-bagian tumbuhan kelas IV SD Negeri tanah Bara tahun ajaran 2020/2021?.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran Guided
Note taking (GNT) berbantukan Media Video terhadap hasil belajar materi bagian-bagian
tumbuhan kelas IV SD Negeri Tanah Bara. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen
dengan dengan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen
design, dengan desain one-group pre-test post-tes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas IV SD Negeri Tanah Bara dengan jumlah 12 siswa, pengambilan sampel pada
penelitian ini yaitu dengan teknik puposive sampling. Hasil penelitian berdasarkan hasil
pengujian hiptesis diperoleh t

hitung
sebesar 3,196,782 sedangkan t

tabel
sebesar 1, 81246.
Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa nilai t

hitung
lebih besar dari nilai t

tabel

sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini membuktikan
membuktikan bahwa model pembelajaran Guided Note taking (GNT) berbantukan Media
Video mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan
kelas IV SD Negeri tanah Bara

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar