THE STUDENTS' ERRORS OF SMKN 1 SINABANG IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT

Penulis

  • Puja Amanda Sari Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Rosdiana Rosdiana Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Sariakin Sariakin Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kesalahan, Menulis, Teks Deskriptif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa ketika menulis teks deskriptif dan kesalahan paling dominant yang dilakukan siswa kelas sebelas program tata busana SMK Negeri 1 Sinabang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif metode. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Data pengumpulannya dilakukan secara offline atau secara langsung didalam kelas.  Seluruh siswa kelas sebelas program tata busana menjadi populasi dalam penelitian ini.  Menggunakan sampel yang bertujuan, 15siswa kelas sebelas program tata busana dipilih sebagai sampel.  Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teori dari Jacobs, 1981 dimana kesalahan menulis siswa dihitung dan diklasifikasikan menjadi lima aspek penulisan.  Hasil belajar menunjukkan bahwa siswa mempunyai kesalahan dalam menulis teks deskriptif. Hal itu dibuktikan dengan ditemukannya kesalahan pada aspek pengembangan ide 14 persen, organisasi ide 7 persen, tata bahasa 26 persen, kosa kata 38 persen, dan mekanik 18 persen. Berdasarkan hasil data yang diperoleh kesalahan paling dominant yang dilakukan siswa kelas sebelah program tata busana di SMK Negeri 1 Sinabang adalah aspek kosa kata.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-03

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Inggris