EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS DIGITAL TERINTEGRASI STEM UNTUK SISWA KELAS IV SD N KAJHU ACEH BESAR
Kata Kunci:
Kata Kunci: Efektivitas, Bahan Ajar, STEMAbstrak
Abstrak
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dalam proses pembelajaran, guru di sekolah masih menggunakan buku pedoman tanpa memunculkan hal baru/ bahan ajar digital dengan pendekatan STEM. salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan penggunaan bahan ajar digital yang dapat menunjang pengetahuan siswa, kedisiplinan, Tanggung Jawab dan Aktivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penggunaan bahan ajar digital terintegrasi STEM yang dilakukan di SD Negeri Kajhu Aceh Besar dengan menerapkan efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis digital dengan menilai tiga aspek yaitu kedisiplinan, Tanggung Jawab serta aktivitas dalam pembelajaran. Hasil penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan bahan aja berbasis digital terintegrasi STEM dengan menilai 3 aspek yakni kedisplinan, tanggung jawab dan aktivitas dalam pembelajaran melalui angket pengamatan dengan rata-rata nilai perbandingan antara sebelum menerapkan bahan ajar digital mendapatkan nilai rata- rata 57 % dan sesudah menggunakan bahan ajar digital terintegrasi STEM mendapatkan nila rata-rata (91%) yang merupakan kriteria sangat baik sekali, terlihat jelas persentase peningkatan sebesar 28% perbandingan diantara keduanya, penggunaan bahan ajar ini menunjang keefektifan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan bahan ajar tematik berbasis digital terintegrasi STEM menunjang proses pembelajaran kearah yang lebih positif di SD Negeri Kajhu Aceh Besar
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.