TEACHER’S STRATEGY IN TEACHING ENGLISH AT SMA 1 BAITUSSALAM

Penulis

  • Risda Riani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Syarfuni Universitas Bina Bangsa Gatsempena
  • Regina Rahmi Universitas Bina Bangsa Gatsempena

Kata Kunci:

Teachers’ Strategies, Teaching English

Abstrak

Peneliti menggunakan deskriptif kualitatif. Metode ini menunjukkan atau menjelaskan keadaan, kondisi, situasi, peristiwa, dan kegiatan lain yang dilaporkan dalam penelitian. Subyek penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris SMA 1 Baitussalam. Metode pengambilan sampel adalah cluster sampling. Instrumen penelitian ini adalah wawancara. Teknik analisis data adalah reduksi data, analisis data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Penelitian ini menunjukkan strategi mengajar yang digunakan oleh salah satu guru EFL dalam mengajar bahasa Inggris di SMA 1 Baitussalam, yaitu: 1) Guru menggunakan permainan, 2) Guru menyediakan kosa kata, 3) Guru menggunakan role play, 4) Guru menggunakan metode ceramah. Guru menggunakan strategi tersebut karena beberapa alasan antara lain: 1) Siswa lebih cepat memahami dan antusias dengan menggunakan permainan daripada tidak ada permainan, 2) Percakapan atau role play mendorong siswa banyak berbicara dengan temannya, 3) Metode ceramah membantu guru memberikan kesimpulan yang ringkas dan jelas. Selain itu, terdapat juga beberapa faktor penghambat dalam penerapan strategi tersebut, yaitu: kurangnya sarana prasarana kelas membuat guru terkadang kesulitan dalam menggunakan strategi permainan. Selain itu, guru juga membutuhkan bahan ajar sebagai sarana penunjang yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih efektif. Selain faktor penghambat, terdapat juga beberapa faktor pendukung yaitu semangat siswa untuk memberikan suasana yang kondusif dalam pembelajaran serta kreativitas guru dalam menciptakan media pembelajaran yang efektif yang dapat merangsang minat belajar siswa

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-18

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Inggris