The Use of YouTube Media in Developing Students’ Speaking Skill (An Experimental Study at SMP Negeri 1 Darul Imarah)

Penulis

  • nailul nailul muna Universitas bina bangsa getsempena

Kata Kunci:

Media YouTube, Keterampilan Berbicara

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media YouTube dalam pembelajaran keterampilan berbicara efektif untuk menigkatkan kemampuan berbicara peserta didik. Metode yang digunakan dalam peneletian ini adalah metode kuantitatif karena peneletian ini menitikberatkan perhitungan antara hasil pre-test dan post-test. Subyek peneletian ini adalah kelas VII A. Instrumen peneletian ini menggunakan tes. Hasil peneletian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor kemampuan berbicara sebelum siswa diajar dengan menggunakan media YouTube dan setelah siswa diajar dengan menggunakan media YouTube. Namun, hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain (%) adalah 45,56565924. Artinya tes tersebut termasuk dalam kategori “Kurang Efektif” karena hasil 40-55 termasuk dalam kategori kurang efektif. Oleh karena itu, hipotesis null (H0) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Artinya penggunaan video YouTube tidak efektif dalam meningkatkan nilai keterampilan berbicara siswa. Ada beberapa factor yang menyebabkan siswa tidak memiliki kemampuan yang baik dalam keterampilan berbicara menggunakan media YouTube. Pertama, siswa kurang memiliki kemampuan berpikir kritis. Selain itu, siswa masih kekurangan pengetahuan dalam materi bahasa Inggris dasar, seperti tata bahasa, kosa kata, tenses, dan sebagainya. Terakhir, durasi waktu dalam mengimplementasikan media YouTube terlalu singkat. Namun hasil peneletian ini dapat memberikan pencerahan kepada kita akan pentingnya memvariasikan media dalam pembelajaran keterampilan berbicara di sekolah menengah pertama agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran sesuai yang diharapkan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-18

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Inggris