Efektivitas Kegiatan Gerak Dan Lagu Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh

Penulis

  • Lilis Karlina Universitas Bina Bangsa Getsempena

Abstrak

Gerak dan lagu merupakan ekpresi anak saat senang, marah dan takut dipadukan dengan lagu atau nyanyian sehingga anak dapat meluapkan ekspresinya dan membebaskan diri dari ketegangan melalui gerakan yang diiringi oleh lagu. perkembangan motorik kasar anak kelompok B3 masih dalam kategori belum berkembang sesuai harapan. Hal ini terlihat dari 16 anak, ditemukan 11 anak (68,75%) kurang aktif menirukan berbagai gerakan yang dicontohkan guru saat pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang diberikan masih menoton sehingga anak–anak cepat merasa bosan, dan terlihat kurang bersemangat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah kegiatan gerak dan lagu efektif terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan gerak dan lagu terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh.. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan one-group pre-test-post-test design. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan anak. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pretest dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran  anak usia dini dengan menggunakan kegiatan gerak dan lagu efektif untuk  meningkatkan perkembangan motorik kasar anak kelompok B TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh. Dengan adanya kegiatan gerak dan lagu, guru dapat menyediakan kesempatan bagi anak untuk berekpresi dalam menggerakkan anggota tubuhnya melalui bernyanyi bersama lagu. Kegiatan gerak dan lagu terintegrasi dengan musik dan gerakan (dance) memfasilitasi anak dengan gaya belajar yang berbeda (visual, auditory dan kinestetik) dan dapat meningkatkan perkembangan fisik motorik kasar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD