Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Perhitungan Aljabar Di SMP Negeri 8 Banda Aceh

Penulis

  • silvia savira Universitas bina bangsa getsempena

Kata Kunci:

Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Perhitungan Aljabar, Siswa SMP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah perhitungan aljabar di SMP negeri 8 Banda Aceh. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik dokumentasi, tes wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas XI-1 SMP Negeri 8 Banda Aceh yang diambil dari 28 orang siswa. Penentu subjek penelitian ini berdasarkan pada hasil wawancara dan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Kemampuan Berpikir Kreatif siswa dikategorikan menjadi tiga tipe yaitu tinggi(T), sedang(S), Rendah(R). Berdasarkan tipe tersebut dipilih satu orang siswa dari masing-masing tipe untuk menjadi subjek dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan berpikir kreatif siswa untuk subjek berkemampuan tinggi memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu indikator ke-1 Kefasihan (Mampu memberikan dua jawaban/cara yang benar dan lengkap dalam menyelesaikan masalah), indikator ke-2 Fleksibilitas (Mampu memberikan jawaban/cara tidak berdasarkan konsep yang diberikan dengan benar dan lengkap), indikator ke-3 Kebaruan (Mampu memberikan jawaban/cara sendiri secara tepat dan lengkap). Subjek berkemampuan sedang memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu indikator ke-1 Kefasihan (Mampu memberikan dua jawaban/cara yang benar dan lengkap dalam menyelesaikan masalah), indikator ke-2 Fleksibilitas (Mampu memberikan jawaban/cara tidak berdasarkan konsep yang diberikan dengan benar dan lengkap). Subjek yang berkemampuan rendah hanya memenuhi satu indikator yaitu Kefasihan (Mampu memberikan dua jawaban/cara yang benar dan lengkap dalam menyelesaikan masalah).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika