UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SEULANGA DAYA LAMNO ACEH JAYA

Penulis

  • Maulidar Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh

Kata Kunci:

Baca (Bahasa), Kartu Kata Bergambar

Abstrak

Maulidar. 2022. Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Melalui Bermain Kartu Kata Bergambar Pada Anak kelompok B di TK Selanga Daya Lamno Aceh Jaya. Universitas Bina Bangsa Getsempena. Pembimbing I : Harfiandi, M. Pd, pembimbing II : Ayi Teiri Nurtiani, M. Pd

Rendahnya kemampuan membaca anak disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk mengembangkan bahasa, khususnya membaca, kurang bervariasi. Hal  tersebut terlihat  saat  pembelajaran  membaca  gambar sederhana, guru  menggambar di papan  tulis, dan memberi keterangan   gambar   dengan tulisan di samping gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana penerapan  kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak di TK Selanga Daya Lamno Aceh Jaya ? Bagaimana teknik pelaksanaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak di TK Selanga Daya Lamno Aceh Jaya?. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, jumlah sampel adalah 10 orang anak 6 perempuan 4 lelaki dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Pada siklus I jumlah presentasi belum berkembang 30 % (3 anak), mulai berkembang 4 anak (40%), sedangkan berkembang sesuai harapan  2 anak (20%) dan pada berkembang sangat baik 1 anak (10%) . Pada siklus II dengan kategori belum berkembang 1 anak (10%),  mulai berkembang 1 anak (10%), katagori berkembang sesuai harapan adalah 20% (2 anak) dan pada katagori berkembang sangat baik adalah 60% (6 anak). Berdasarkan  data tersebut dapat disimpulkan bahwa bermain kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan baca anak.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD