PENERAPAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA

Penulis

  • nora sandi universitas bina bangsa getsempena

Kata Kunci:

Kata kunci: Berbicara, dan video

Abstrak

Penelitian ini dapat mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan video sebagai media pembelajaran. Peneliti menggunakan penelitian pra eksperimen dengan one group pre-test post-test. Peneliti telah melakukan treatment yang terdiri dari tiga kali pertemuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SMA Negeri 16 Banda Aceh tahun pelajaran 2022/2023. Peneliti menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian adalah tes Berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VI SMA Negeri 16 Banda Aceh memiliki nilai pre-test buruk yaitu 52,44, setelah diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran video, nilai siswa meningkat signifikan menjadi 55,76 post-test. Penggunaan video sebagai media pembelajaran sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Peneliti menemukan bahwa t-test lebih tinggi dari t-tabel (9,242 > 1,711). Jadi Ha (Hipotesis Alternatif) diterima dan Ho (Hipotesis Null) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan video sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam hal tata bahasa, kosa kata, kefasihan, pengucapan, dan pemahaman.
Kata kunci: Berbicara, dan video

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Inggris