PENGARUH PENGUNAAN PASIR BERWARNA TERHADAP PENGENALAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK POETEUMEUREUHOM BANDA ACEH

Penulis

  • Waffa Humaira Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Lili Kasmini Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Pasir Berwarna, Pengenalan Sains, Anak Usia Dini

Abstrak

Pengenalan Sains pada anak usia dini memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu meletakkan dasar kemampuan dan pembentukan sumber daya manusia yang diharapkan. Berdasarkan observasi awal di TK Poeteumeureuhom Banda Aceh pemanfaatan media dilingkungan sekitar masih sangat minim dan masih rendahnya kemampuan pengenalan sains anak usia 5-6 tahun. Maka oleh karena itu peneliti memilih pasir berwarna untuk menstimulus pengenalan sains anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh penggunaan pasir berwarna terhadap pengenalan sains anak usia 5-6 tahun di TK Poeteumeureuhom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pasir berwarna terhadap pengenalan sains anak usia 5-6 tahun di TK Poeteumeureuhom. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah one group pre test-post test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan uji normalitas dan uji t. Hasil penelitian ini, berdasarkan pengujian hipotesis dengan mengunakan uji pihak kanan dengan taraf signifikan alfa 5% = 0.05, maka daftar distribusi t t > ttabel = 3,74 > 1,75. Dengan demikian Ha diterima, sehingga hipotesis dalam penelitian ini menyatakan pengunaan pasir berwarna berpengaruh terhadap pengenalan sains anak usia 5-6 tahun di TK Poeteumeureuhom Banda Aceh.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD