Analisis Upaya Guru Dalam menenanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Khairani Aceh Besar
Keywords:
karakter, tatanggung jawab, penelitianAbstract
Abstrak
Karakter tanggung jawab adalah suatu kewajiban untuk melakukan atau menyelesaikan tugas yang harus dipenuhi, memiliki konsuensi hukuman terhadap kegagalan, dan mengerjakan tugas sebaik mungkin, tidak menyalahkan orang lain bila terjadi kesalahan dalam melakukan tugas yang di emban serta fokus pada tujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan menekankan sikap positif seperti memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui karakter tangung jawab anak usia 5-6 tahun. (2) Untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh guru TK Khairani Aceh Besar. (3) Untuk mengetahui program apasaja yang dilakukan oleh guru di TK Khairani Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, data-data yang sudah terkumpul dilakukan analisis dengan menggunakan teknik wawancara yaitu mencatat, mengumpulkan dan menemukan kajian yang diperlukan untuk menjawab permasalahan penelitian. Hasil penelitian menanamkan karakter tanggung jawab pada anak usia 5-6 tahun di TK Khairani Aceh Besar menunjukkan bahwa sudah berkembang sangat baik dimana anak-anak sudah memiliki rasa tanggung jawab terhadap dirinya dan juga kepada orang lain, seperti anak sudah mampu untuk membuang sampah pada tempatnya, meletakkan sesuatu barang pada tempatnya, merapikan peralatan makan, membereskan peralatan makan, menunggu giliran saat mencuci tangan, bergantian dengan teman saat bermain. Menanamkan karakter tanggung jawab kepada anak yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan karakter tanggung jawab kepada anak yaitu karena anak memiliki 3 lingkungan, lingkungan sekolah, lingkungan bermain, dan lingkungan keluarga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.