STUDENTS' STRATEGIES IN PRONOUNCING THE ENGLISH WORDS

Authors

  • Jasmiati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Hijjatul Qamariah
  • Salwa Chaira

Keywords:

Pronunciation, Strategi, Pronunciation Strategy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggapan siswa terhadap strategi yang mereka gunakan dalam mempelajari pengucapan dalam pembelajaran bahasa Inggris, dan untuk mengamati bagaimana guru mengajarkan pengucapan kosakata dalam kalimat bahasa Inggris. Partisipasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MAN 2 Aceh Besar yang berjumlah 20 siswa, dan satu partisipasi dalam instrumen wawancara yang melibatkan seorang guru bahasa Inggris. Instrumen penelitian ini adalah angket, wawancara, dan observasi. Hasil angket menunjukkan strategi yang mereka gunakan adalah melalui mendengarkan dan menulis video, film, lagu dan kamus online. Sedangkan dalam wawancara diperoleh bahwa cara guru mengajarkan pengucapan adalah melalui media internet, meminta siswa untuk melihat Google Translite dan memainkan bunyi-bunyi yang ada di dalamnya. Selain itu, dalam observasi ditemukan bahwa guru tidak selalu mengajarkan pengucapan dengan didukung strategi yang baik, guru mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dan meminta siswa untuk mengulanginya, guru tidak selalu memperbaiki pengucapan yang salah yang dibuat oleh siswa. Dalam penelitian ini, strategi yang diadopsi adalah strategi dari Oxford (1990:16) yang terdiri dari enam strategi, yaitu; (1) Strategi kognitif (2) strategi metakognitif (3) strategi memori (4) strategi kompensasi (5) strategi sosial (6) strategi afektif. Data keseluruhan diperoleh strategi yang digunakan siswa untuk belajar pengucapan adalah “Pronunciation in Cognitive strategy” dimana siswa menemukan cara mereka sendiri untuk mengucapkan beberapa kata yang ingin mereka ketahui dan mempraktekkan. Namun, adapun strategi dominan yang paling disukai siswa adalah pembelajaran melalui video, karena dianggap menyenangkan dan secara tidak sengaja mereka mengetahui bacaan sebuah kalimat. Selain itu, strategi yang kurang dominan dalam pembelajaran pengucapan adalah menggunakan media kamus manual, karena tidak praktis untuk dibawa kemana-mana, memiliki ukuran yang tidak fleksibel, tidak lengkap, dan terkadang tidak mendukung tujuan yang ingin dicapai siswa, terutama pengucapan.

Kata Kunci: Pengucapan, Strategy, Strategy Pengucapan.

Downloads

Published

2022-10-16

Issue

Section

Pendidikan Bahasa Inggris