AN ANALYSIS OF STUDENTS' LISTENING STRATEGIES IN ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL RUHUL FALAH

Authors

  • Julian Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Rosdiana
  • Hijjatul Qamariah

Keywords:

Students’ listening strategies, Cognitive Strategy, Social-Affective Strategy, Listening Skill

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi menyimak yang diterapkan siswa dalam pembelajaran keterampilan menyimak di SMA Islam Ruhul Falah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Partisipan dalam penelitian ini adalah 11 orang peserta didik kelas III SMA Islam Ruhul Falah dan dalam pemilihan sampel ini peneliti menggunakan purposive sampling. Para siswa dianggap dapat diandalkan sebagai peserta dalam penelitian ini karena mereka telah belajar keterampilan menyimak yang lebih kompleks dibandingkan dengan kelas satu dan dua. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa siswa diminta untuk memutar audio lebih dari satu kali, jika mereka mendengarkan kosakata yang asing atau meragukan, mereka menuliskan dan bertanya kepada guru atau teman tentang kosakata tersebut, baik guru dan siswa memberikan umpan balik tentang pembelajaran keterampilan menyimak yang mereka miliki, beberapa media yang mereka gunakan untuk melatih keterampilan menyimak mereka seperti video, film, audio, dan musik. Dari hasil wawancara dengan siswa juga diperoleh bahwa siswa mempraktekkan keterampilan mendengarkan mereka ketika mereka memiliki waktu luang dan siswa ingin menguasai bahasa Inggris karena ingin mengimplementasikan ilmu yang mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari dan berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa Strategi menyimak yang diterapkan siswa dalam pembelajaran keterampilan menyimak di SMA Islam Ruhul Falah adalah strategi kognitif dan strategi afektif sosial.

 

Downloads

Published

2022-10-16

Issue

Section

Pendidikan Bahasa Inggris