PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU DAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN NILAI KOGNITIF SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Desi Rezeki Universitas bina bangsa
  • Rahmatullah
  • Helminsyah

Keywords:

Penerapan, Model Pembelajaran Quantum Learning, Keanekaragaman Suku dan Budaya, Meningkatkan Nilai Kognitif Siswa.

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model quantum learning dapat meningkatkan nilai kognitif siswa pada materi keanekaragaman suku dan budaya peserta didik kelas IV SD Kartika XIV-1 Banda Aceh tahun ajaran 2021. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model quantum learning dapat meningkatkan nilai kognitif siswa pada materi keanekaragaman suku dan budaya peserta didik kelas IV SD Kartika XIV-1 Banda Aceh tahun ajaran 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD kartika XIV-1 Banda Aceh 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes. Sedangkan teknik analisis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata dan efektivitas pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan keseluruhannya, sebelum adanya model pembelajaran quantum learning peserta didik memperoleh rata-rata nilai yang rendah sebanyak 48.75%, sedangkan setelah penggunaan model pembelajaran quantum learning peserta didik mendapatkan rata-rata nilai sebanyak 86.25%, rata-rata gain ternomalisa 0.76 masuk kedalam kriteria sedang. Dengan taraf signifikan α = 0.05 dan derajat kebebasan dk = n-1 = 20-1=19 dari daftar tabel distribusi t diperoleh ttabel = tα: (n-1) = t (0.05) (19) = 2.63. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa “model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan pemahaman nilai kognitif siswa pada materi keanekaragaman suku dan budaya kelas IV SD Kartika XIV-1 Banda Aceh, artinya kelas eksperimen ini “mengalami peningkatan” kemampuan pemahaman pada materi keanekaragaman suku dan budaya masuk kedalam kriteria yang  “efektif”. Rekomendasi  dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran quantum learning dapat memberikan kontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan, menjadi bahan kajian serta referensi untuk penelitian selanjutnya.

Published

2022-10-16

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar