ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI TK BUNGONG SEULEUPOK BANDA ACEH

Penulis

  • Eka Novita Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Salmiati Salmiati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriati Fitriati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Media, pembelajaran daring.

Abstrak

Abstract
The Covid 19 pandemic has caused a shift in learning from face-to-face to online learning, as well
as the use of media from conventional to online. The purpose of this study is to describe the use of
media in online learning, to describe the impact of using media in online learning to describe the
constraints faced by teachers in using media in online learning at TK Bungong Seuleupok Banda
Aceh. This study used a qualitative approach, the research subjects of group B teachers were 6
people. Data were collected through interviews and documentation. Data were analyzed using
qualitative analysis techniques, the Miles & Huberman model. The results showed that the use of
media in online learning at Bungong Seuleupok Kindergarten was intended to assist parents in
understanding their child's learning tasks which were sent through WhatsApp groups in the form of media images, animated videos and video tutorials. The use of media has a positive impact on the
online learning outcomes of group B children, which is marked by increasing the understanding of
the parents and children of group B in doing the assigned tasks, both through photos and videos of
learning activities at home. Obstacles experienced in the use of online media include low
motivation and parental participation in online learning, the existence of parents who are
technologically illiterate (clueless), and the limited time they have. Overcoming existing obstacles,
teachers communicate and educate and provide flexibility to parents in sending their children's
assignments. 

Abstrak
Pandemi Covid 19 menyebabkan bergesernya pembelajaran dari tatap muka menjadi
pembelajaran dalam jaringan (daring), demikian juga dengan penggunaan media dari
semulanya konvensional beralih menjadi daring. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan penggunaan media dalam pembelajaran daring, untuk
mendeskripsikan dampak penggunaan media dalam pembelajaran daring untuk
mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan media dalam
pembelajaran daring di TK Bungong Seuleupok Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif, subjek penelitian guru kelompok B sebanyak 6 orang. Data
dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik
analisis kualitatif model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan media dalam pembelajaran daring di TK Bungong Seuleupok dimaksudkan
untuk membantu orangtua dalam memahami tugas belajar anaknya yang dikirim melalui
group-group WhatsApp yang berbentuk media gambar, video animasi dan video tutorial.
Penggunaan media berdampak positif terhadap hasil belajar daring anak kelompok B
yang ditandai dengan meningkatkan pemahaman orangtua dan anak kelompok B dalam
mengerjakan tugas yang diberikan, baik melalui foto maupun video kegiatan belajaranak
di rumah. Kendala yang dialami dalam penggunaan media daring diantaranya
rendahnya motivasi dan partisipasi orangtua dalam pembelajaran daring, masih adanya
orangtua yang gagap teknologi (gaptek), dan terbatasnya waktu yang dimiliki orangtua.
Mengatasi kendala yang ada, guru melakukan komunikasi dan edukasi serta memberikan
keleluasaan pada orangtua dalam mengirim tugas anaknya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD