PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS NEGOSIASI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS X SMAS T BUSTANUL ARIFIN GAYO LUES

Penulis

  • Sri Wahyuni Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

teks negosiasi, problem based learning

Abstrak

Menganalisis teks negosiasi merupakan salah satu keterampilan berinteraksi yang mengembangkan kemampuan cara berinteraksi siswa. Oleh sebab itu, teks negosiasi diajarkan kepada siswa dengan menggunakan model PBL pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X. teks negosiasi ini tertuang dalam kompetensi dasar 3.11 menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan teks negosiasi. Masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pelaksanaan peningkatan kemampuan menganalisis teks negosiasi menggunakan model problem based learning PBL Pada Siswa Kelas X SMAS T Bustanul Arifin Gayo Lues?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu Mendeskripsikan Pelaksanaan Peningkatan Kemampuan Menganalisis Teks Negosiasi Menggunakan Model problem based learning PBL Pada Siswa Kelas X SMAS T Bustanul Arifin Gayo Lues. berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II  peningkatan 19,85 dari tahap siklus I sampai siklus II. Hasil dari tindakan yang dilakukan hingga siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan produk yaitu 75% siswa mendapatkan skor lebih dari atau sama dengan 75 dari skor maksimal 100 setelah diberikan tindakan. Secara keseluruhan pada siklus II semua aspek dan kriteria menganalisis teks negosiasi mengalami peningkatan yang signifikan. Dari hasil penelitian di atas terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dinilai berhasil dan dapat meningkatkan kemampuan menganalisis teks negosiasi siswa kelas  X SMAS T Bustanul Arifin Gayo Lues.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Indonesia