PENINGKATAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU DAN TANPA ALAT BANTU MODIFIKASI PADA SISWA SMP NEGERI 3 BEUTONG KABUPATEN NAGAN RAYA

Penulis

  • Ulfa Maulidin universitas bina bangsa getsempena
  • Novia Rozalini Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Renang gaya bebas, Pretest-Posttest, Alat bantu modifikasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar renang gaya bebas dengan metode latihan menggunakan alat bantu dan tanpa alat bantu pada siswa SMPN 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan two group pretest-posttes design. Pada desain ini peneliti memberikan tes awal (pretest) terhadap sampel penelitian setelah itu diberi perlakuan dan dievaluasi dengan cara memberikan tes akhir (Posttest). Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif tentang suatu keadaan secara objektif yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data serta penampilan dan hasilnya. Pengujian data dilakukan dengan uji pra syarat yaitu uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kecepatan renang gaya bebas 25 meter sebelum dan sesudah latihan menggunakan alat bantu dan tanpa alat bantu teruji dengan menggunakan uji Pra syarat yaitu nilai t hitung 4,02 > t tabel 1,83 (df9) dengan nilai signifikansi p sebesar 0,03< 0,05, dengan selisih peningkatan sebesar 1,71 untuk kelompok A.  Kemudian untuk kelompok B t hitung 10,44 > t tabel 1,83 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, dengan selisih 0,97. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode latihan menggunakan alat bantu  dan tanpa alat bantu modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas siswa SMPN 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Jasmani