Hubungan antara Modalitas dengan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD NEGERI 55 BANDA ACEH

Penulis

  • Nuri Wulandari Nuri Wulandari, Akmaluddin, Helminsyah

Kata Kunci:

Kata Kunci: Modalitas Belajar, Metode Bermain Peran, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Abstrak

Nuri Wulandari, 2023, Hubungan antara Modalitas Dengan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 55 Banda Aceh.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara modalitas dengan metode bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 55 Banda Aceh. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Berdasarkan hasil survei dari wawancara yang telah dilakukan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Maka dari itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang tepat dan sesuai agar siswa dapat tertarik untuk ikut serta aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar. Disini peneliti memilih metode bermain peran yang akan dihubungkan dengan modalitas atau gaya belajar siswa. Peneliti memilih metode bermain peran karena metode ini akan melibatkan siswa untuk aktif fisik dalam kegiatan pembelajarannya. Sehingga siswa tidak hanya mendengarkan, mencatat dan mengerjakan soal-soal saja. Tetapi siswa juga akan terlibat dalam permainan yang dapat melatih fokus, lisan, dan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer. Hasil penelitian ini menunjukkan Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t, diperoleh harga thitung pada variabel modalitas belajar = 3,458 dan pada variabel metode bermain peran nilai thitung = 4,883. Tabel distribusi t pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh ttabel = 1,69236. Karena thitung > ttabel yaitu 3,458 > 1,69236 dan 4,883 > 1,69236, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak Ha diterima. artinya skor hasil belajar Bahasa Indonesia setelah diberi perlakuan lebih tinggi daripada skor hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sebelum diberi perlakuan. Hasil analisis di atas menunjukkan bahwa terdapat hubungan modalitas belajar dan metode bermain peran mempengaruhi hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V  SD Negeri 55 Banda Aceh. Sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan.

 

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar