PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT KELAS X SMAN 14 ISKANDAR MUDA BANDA ACEH

Penulis

  • Nella Wilda Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Pengembangan,Modul,Discovery Learning,Persamaan dan Fungsi Kuadrat

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui validitas dan kelayakan modul matematika berbasis discovery learning dengan materi persamaan dan fungsi kuadrat serta untuk melihat keefektifan modul tersebut. Modul ini menuntut siswa untuk melakukan kegiatan menghimpun informasi, membandingkan, mengkategorikan, menganalisis, mengintegrasikan, mengorganisasikan bahan serta membuat kesimpulan-kesimpulan. Pengambilan data dilakukan beberapa bulan dalam semester ganjil, Peneliti melakukan dua tahap penilaian, Penilaian pertama adalah uji coba pengisian angket penilaian modul pembelajaran matematika yang dilakukan oleh tiga orang guru sekolah menengah atas dan satu orang dosen Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Penilaian yang kedua adalah pengisisan angket analisis siswa yang dilakukan oleh siswa/i kelas X MIPA melalui google form. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian adalah metode R&D(Research and Development), agar menghasilkan produk yang valid serta menguji keefektifan produk tersebut. Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti adalah : 1). Tahap Pendefinisian (Define) dilakukan untuk mendapatkan gambaran umum disekolah, contohnya gambaran mengenai bagaimana proses pembelajaran didalam kelas dan karakteristik peserta didik, 2). Tahap Perancangan (Design), 3). Tahap Pengembangan(Develop). Kegiatan penelitian tersebut dilakukan di SMAN 14 Iskandar Muda Banda Aceh kelas X MIPA dengan jumlah siswa 35 orang. Berdasarkan dari pelaksanaan penelitian modul tersebut dapat dinyatakan valid dengan persentase 86,07 Sehingga modul tersebut dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dari hasil respon siswa terhadap praktikalitas modul dapat diperoleh persentase 84,4%, terlihat bahwa sumber belajar yang sering digunakan  ialah berfokus pada buku pelajaran. Siswa menganganggap pembelajaran yang dilakukan  oleh guru adalah biasa saja. Oleh karena itu siswa lebih banyak setuju dengan terlaksanakannya sistem pembelajaran berbasis discovery learning pada modul persamaan dan fungsi kuadrat.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika