UPAYA MENINGKATKAN TINGKAT DISIPLIN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 18 BANDA ACEH
Kata Kunci:
Tingkat Disiplin, Ekstrakurikuler Pramuka, SMP N 18 Banda AcehAbstrak
Karakter dimaknai sebagai cara berpikir dan berperilaku yang khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama. Rumuskan masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah “Bagaimana upaya pembentukan karakter disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka Pada Siswa Kelas VIII SMP N 18 Banda Aceh?”. Tujuan Penelitian mendeskripsikan upaya pembentukan karakter disiplin siswa melalui kegiatan ektrakurikuler pramuka siswa kelas VIII SMP N 18 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). yang menjadi yaitu 20 Siswa dengan tehnik pengambilan sampel yaitu Total sampling. hasil peningkatan kegiatan ekstrakurikuler pramuka siklus I pada tabel di atas dapat diketahui bahwa ada peningkatan kedisiplinan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka, yaitu pada pertemuan pertama, kedua dan ketiga. Pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilhat dari Kesungguhan menatati peraturan di sekolah peningkatan sebesar 55% kategori Sangat sesuai (SS), serta sebesar 45% peningkatan kategori Sesuai (S), yang memiliki kategori Tidak sesuai (TS) sebesar 0%, dan sebesar 0%, kategori Sangat tidak sesuai (STS).Pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilhat dari Memiliki sikap mental (taat dan tertib) di sekolah peningkatan sebesar 50% kategori Sangat sesuai (SS), serta sebesar 50% peningkatan kategori Sesuai (S), yang memiliki kategori Tidak sesuai (TS) sebesar 0%, dan sebesar 0%, kategori Sangat tidak sesuai (STS).Pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilhat dari Kesungguhan mentaati peraturan di sekolah peningkatan sebesar 45% kategori Sangat sesuai (SS), serta sebesar 55% peningkatan kategori Sesuai (S), yang memiliki kategori Tidak sesuai (TS) sebesar 0%, dan sebesar 0%, kategori Sangat tidak sesuai (STS).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.