ANALISIS KESIAPAN GURU TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN STEAM PADA TK/PAUD DI KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR
Kata Kunci:
Kata Kunci: Kesiapan Guru, Pembelajaran STEAMAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui kesiapan guru terhadap penerapan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Guru TK/PAUD di Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan guru dan foktor-faktor pendukung dan penghambat terhadap pembelajaran STEAM. metode penelitian deskriptif kualitatif, Penggunakan teknik wawancara. Sampel penelitian dengan ini jumlah 12 orang Pendidik, 2 orang pendidik setiap sekolah dan sebanyak 6 sekolah TK/PAUD. Hasil penelitian wawancara pendidik menyatakan pernah melaksanakan kegiatan pembelajaran STEAM. untuk menambah pengetahuan, perkembangan anak. Menambah wawasan, pengetahuan tentang STEAM. Menyiapkan lingkungan main. Menggunakan metode bercakap-cakap, proyek, demokrasi, bercerita, pemberian tugas, main peran, eksperimen. Merencanakan penerapan pembelajaran STEAM. Pembelajaran terkoneksikan membuat peraturan, perangkat pembelajaran. Faktor pendukung yaitu kerjasama dengan wali murid, saling terkordinasi, bahan dan alat. Faktor penghabat kurang tersedia lahan yang terlindungi, partisipasi orang tua murid masih rendah, internet sulit di akses, kurang tersedia sarana. Pihak sekolah mendukung seperti menyediakan fasilitas.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.