ANALISIS KESIAPAN GURU TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN STEAM PADA TK/PAUD DI KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR

Penulis

  • Yulianti Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kata Kunci: Kesiapan Guru, Pembelajaran STEAM

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui kesiapan guru terhadap penerapan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Guru TK/PAUD di Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan guru dan foktor-faktor pendukung dan penghambat terhadap pembelajaran STEAM. metode penelitian deskriptif kualitatif, Penggunakan teknik wawancara. Sampel penelitian dengan ini jumlah 12 orang Pendidik, 2 orang pendidik setiap sekolah dan sebanyak 6 sekolah TK/PAUD. Hasil penelitian wawancara pendidik menyatakan pernah melaksanakan kegiatan pembelajaran STEAM. untuk menambah pengetahuan, perkembangan anak. Menambah wawasan, pengetahuan tentang STEAM. Menyiapkan lingkungan main. Menggunakan metode bercakap-cakap, proyek, demokrasi, bercerita, pemberian tugas, main peran, eksperimen. Merencanakan penerapan pembelajaran STEAM. Pembelajaran terkoneksikan membuat peraturan, perangkat pembelajaran. Faktor pendukung yaitu kerjasama dengan wali murid, saling terkordinasi, bahan dan alat. Faktor penghabat kurang tersedia lahan yang terlindungi, partisipasi orang tua murid masih rendah, internet sulit di akses, kurang tersedia sarana. Pihak sekolah mendukung seperti menyediakan fasilitas.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD