UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SEULANGA DAYA LAMNO ACEH JAYA
Kata Kunci:
Baca (Bahasa), Kartu Kata BergambarAbstrak
Maulidar. 2022. Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Melalui Bermain Kartu Kata Bergambar Pada Anak kelompok B di TK Selanga Daya Lamno Aceh Jaya. Universitas Bina Bangsa Getsempena. Pembimbing I : Harfiandi, M. Pd, pembimbing II : Ayi Teiri Nurtiani, M. Pd
Rendahnya kemampuan membaca anak disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk mengembangkan bahasa, khususnya membaca, kurang bervariasi. Hal tersebut terlihat saat pembelajaran membaca gambar sederhana, guru menggambar di papan tulis, dan memberi keterangan gambar dengan tulisan di samping gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana penerapan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak di TK Selanga Daya Lamno Aceh Jaya ? Bagaimana teknik pelaksanaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak di TK Selanga Daya Lamno Aceh Jaya?. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, jumlah sampel adalah 10 orang anak 6 perempuan 4 lelaki dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Pada siklus I jumlah presentasi belum berkembang 30 % (3 anak), mulai berkembang 4 anak (40%), sedangkan berkembang sesuai harapan 2 anak (20%) dan pada berkembang sangat baik 1 anak (10%) . Pada siklus II dengan kategori belum berkembang 1 anak (10%), mulai berkembang 1 anak (10%), katagori berkembang sesuai harapan adalah 20% (2 anak) dan pada katagori berkembang sangat baik adalah 60% (6 anak). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa bermain kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan baca anak.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.