PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS V SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR

Penulis

  • nurhadina nurhadina Universitas bina bangsa getsempena

Kata Kunci:

Kata kunci: Model, PBL, literasi membaca.

Abstrak

Literasi membaca siswa sangat penting diperhatikan sehingga terwujudnya membaca pemahaman pada siswa. Memperhatikan teknik membaca pemahaman akan melahirkan kualitas membaca peserta didik yang lebih baik. Namun, dalam kenyataannya di SD Negeri Kajhu khususnya di kelas V masih mengalami permasalahan dalam hal literasi membaca. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan membaca Literasi Sains siswa kelas V SD Negeri Kajhu Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperiment dengan desain one-shot case study. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V berjumlah 27 siswa dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sehingga penelitian ini menjadi penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan uji statistik (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata sebelum penerapan model PBL adalah 41,84 meningkat menjadi 77,65 setelah diterapkan model PBL. Hasil ini juga diperkuat dengan hasil uji hipotesis bahwa thitung > ttabel (7,33 >1,67). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan literasi membaca sains siswa kelas V SD Negeri Kajhu Aceh Besar. Disarankan agar menggunakan model PBL sebagai salah upaya untuk peningkatan literasi membaca siswa Sekolah Dasar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar