ANALISIS NILAI LAPOR MATEMATIKA SISWA PADA MASA COVID-19 SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH

Penulis

  • Lerika Sarma
  • Ully Muzakir
  • Ahmad Nasriadi

Kata Kunci:

nilai rapor, covid-19

Abstrak

Pada masa pandemi (Covid-19), banyak sekolah-sekolah serta universitas yang melakukan proses belajar mengajar secara daring (online). Begitu juga dengan SMA Inshafuddin Banda Aceh yang telah menerapkan proses belajar mengajar daring (online). Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimanakah nilai rapor matematika siswa pada masa covid-19 SMA Inshafuddin Banda Aceh. jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui keberadaan variabel mandiri, baik hanya pada satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lainnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi subjek wawancara adalah guru matematika besarta kepala sekolah SMA Inshafuddin Banda Aceh. sedangkan yang menjadi subjek dokumentasi adalah nilai rapor siswa pada masa covid-19. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa dari 90 siswa SMA Inshafuddin Banda Aceh. tahapan yang di rancang dalam penelitian ini adalah: dokumentasi, mempersiapkan kuesioner, wawancara guru matematika beserta kepalah sekolah SMA Inshafuddin Banda dan menarik kesimpulan. berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa nilai rapor matematika siswa kelas X IPA 1 SMA  Inshafuddin Banda Aceh mengalami peningkatan, hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil dokumentasi yang telah didapat berupa nilai rapor,  berbeda dengan hasil wawancara yang telah disampaikan oleh guru matematika beserta kepala sekolah SMA  Inshafuddin Banda Aceh, yang mengatakan bahwa terjadi penurunan nilai siswa pada masa covid-19 dan berpengaruh pada nilai rapor siswa kelas X IPA 1 SMA Inshafuddin Banda Aceh.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika