PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ALFABET PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-KAWANAD BANDA ACEH
Kata Kunci:
Kata kunci : Media Audio Visual, Huruf AlfabetAbstrak
Media Audio Visual adalah media pengajaran dan media pendidikan yang mengaktifkan mata dan telinga peserta didik dalam waktu proses belajar mengajar berlangsung. Media Audio Visual yaitu jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang dapat dilihat, seperti rekaman video, berbagai ukuran film, slide suara, dan lain sebagainya. Rumusan masalah adalah 1. Bagaimana kepraktisan pengembangan media audio visual diterapkan pada anak kelompok A TK Al-Kawanad Banda Aceh? 2. Bagaimana kevalidan pengembangan media audio visual diterapkan pada anak kelompok A TK Al-Kawanad Banda Aceh? 2. Bagaimana keefektifitas pengembangan media audio visual diterapkan pada anak kelompok A TK Al-Kawanad Banda Aceh? Tujuan Penelitian adalah 1. Untuk mengetahui kepraktisan pengembangan media audio visual diterapkan pada anak kelompok A TK Al-Kawanad Banda Aceh. 2. Untuk mengetahui kevalidan pengembangan media audio visual diterapkan pada anak kelompok A TK Al-Kawanad Banda Aceh. 3. Untuk mengetahui keefektifitas pengembangan media audio visual diterapkan pada anak kelompok A TK Al-Kawanad Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media audio visual ahli IT diperoleh skor 93.5% dengan kategori “Sangat Valid”. Ahli bahasa 75% dengan kategori “Valid” dan Ahli materi 95% dengan kategori “Sangat Valid’. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media audio visual untuk kelompok A TK Al Kawanad Banda Aceh yang diperoleh dari semua validator dengan memperoleh persentase 87,9% dengan kategori “Sangat Valid” tanpa perlu untuk dilakukan pengulangan dikarenakan media audio visual untuk kelompok A TK Al Kawanad Banda Aceh sangat valid digunakan pada proses pembelajaran.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.