ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP BANDA ACEH PADA MATERI POLA BILANGAN

Penulis

  • Evi Darmayani Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Pola Bilangan, Berpikir Kreatif.

Abstrak

Matematika merupakan ilmu yang berhubungan dengan konsep yang bersifat abstrak dan berkenaan dengan simbol-simbol, sehingga penyajiannya matematika sering dikaitkan dengan permasalahan di kehidupan sehari-hari. Tujuan dari pembelajaran matematika agar siswa mampu menyelesaikan soal yang diberikan dan juga termpil mencari solusi terhadap sebuah permasalahan khususnya yang berhubungan dengan matematika. Berpikir kreatif adalah pola yang mampu mengasilkan metode baru, konsep baru, pemahaman baru, penemuan baru, dan karya baru. kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematka adalah kemampuan siswa dalam menggabungkan beberapa elemen dari suatu konsep kemudian merangkumnya menjadi kesatuan yag bersifat terstruktur, unik dan baru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pola bilangan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Pendekatan  yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Banda Aceh.  Instrumen penelitan yang digunakan adalah test, observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu peroleh bahwa sebanyak 57 % di dapatkan pada indikator Kefasihan , dan hasil ini menunjukkan bahwa siswa masih rendah dalam kefasihan dalam menjawab soal yang diberikan oleh guru. Pada indikator Fleksibilitas di peroleh 60% (rendah) tingkat kemampuan siswa dalam menjawab soal pola bilangan yang diberikan oleh guru dan pada indikator kebaruan diperoleh sebanyak 62% (rendah) , siswa juga masih lemah dalam menjawab soal dengan indikator tersebut. Sehingga hasil dari keseluruhan yang diperoleh berdasarkan tabel di atas yaitu 60% dan ini merupakan kategori rendah, dan ini diperjelas bahwa hanya 2 orang siswa yang memiliki nilai tinggi dalam menjawab soal, 3 siswa yang memiliki nilai sedang dan 10 orang yang memiliki nilai rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan berfikir kreatif siswa SMPN 4 Banda Aceh pada materi pola bilngan masih rendah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika