EFEKTIVITAS METODE BERMAIN PERAN MAKRO DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-KAWANAD BANDA ACEH
Kata Kunci:
Kata kunci : Sosial Emosional, kegiatan bermain peran makro.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bermain peran makro efektiv dalam menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Al-Kawanad Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Eksperimen yang berbentuk pretest-Postest Control. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi serta pengolahan data menggunakan rumus statistik sederhana. Subjek penelitian ini adalah kelas TK B sebanyak 15 peserta didik terdiri dari 9 Laki-laki dan 6 Perempuan pada tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan serta berdasarkan pengolahan data, maka dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata Pretest kelas eksperimen = 38,4 dan kelas kontrol = 17,85 sedangkan nilai rata-rata Postest kelas eksperimen = 49,4 dan kelas kontrol = 23,75. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai thitung = 5,428 dan ttabel = 2,048 ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel . Berdasarkan hasil keputusan maka diterima Ha, dan ditolak Ho. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa Metode bermain peran makro dapat menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Al-Kawanad Banda Aceh.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.