PENGGUNAAN ALAT PERAGA KOTAK ALJABAR PADA MATERI OPERASI ALJABAR UNTUK MENGATASI KESULITAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN 5 ACEH BESAR

Penulis

  • Zainiar Zainiar
  • Mik Salmina
  • Ully Muzakir

Kata Kunci:

kesulitan siswa, bentuk aljabar, alat peraga

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kesulitan belajar yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar serta menganalisis faktor-faktor penyebabnya dan mengatasi masalah kesulitan dengan pembelajaran menggunakan alat peraga kotak aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Dalam menentukan sampel digunakan teknik random sampling dengan undian kelas VIII MTsN 5 Aceh Besar, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran pemahaman konseptual dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran menggunakan alat peraga kotak aljabar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test hasil sebelum dan sesudah belajar siswa pada materi operasi bentuk aljabar. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keefektifan siswa secara signifikan antara siswa belajar matematika setelah diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan alat peraga kotak aljabar. Sehingga model tersebut baik untuk digunakan sebagai alternatif model pembelajaran matematika.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika