EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI BERBASIS AKM MATERI SIFAT URUTAN DIKELAS 2 SD
Kata Kunci:
Media pembelajaran berbasis Mind Mapping, Literasi numerasi berbasis AKM.Abstrak
Dalam melaksanakan program literasi numerasi berbasis AKM ditemukan kendala yaitu: pada proses pelaksanaan pembelajaran di kelas hanya mengandalkan buku paket dan modul yang sudah ada, kemampuan literasi numerasi siswa dalam memahami konsep matematika yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa masih tergolong rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana kemampuan literasi numerasi berbasis AKM materi sifat urutan di kelas II SDN 28 Banda Aceh?, 2) Bagaimana proses pembelajaran berbasis Mind Mapping efektif dalam meningkatkan literasi numerasi berbasis AKM materi sifat urutan di kelas II SDN 28 Banda Aceh? 3) Bagaimana respon siswa dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Mind Mapping dalam meningkatkan literasi numerasi berbasis AKM materi sifat urutan di kelas II SDN 28 Banda Aceh? 4) Bagaimana efektivitas media pembelajaran berbasis Mind Mapping dalam meningkatkan literasi numerasi berbasis AKM materi sifat urutan di kelas II SDN 28 Banda Aceh ?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pre-test-post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 28 Banda Aceh yang berjumlah 27 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan literasi numerasi berbasis AKM materi sifat urutan di kelas II SDN 28 Banda Aceh mengalami peningkatan. 2) Kegiatan proses pembelajaran berbasis Mind Mapping efektif dalam meningkatkan literasi numerasi berbasis AKM. 3) Respon siswa dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Mind Mapping mengalami peningkatan dari sebelumnya rendah. Siswa merasa termotivasi, aktif dan lebih kreatif dalam mengikuti pembelajaran, dan 4) Efektivitas media pembelajaran berbasis Mind Mapping dalam meningkatkan literasi numerasi berbasis AKM materi sifat urutan di kelas II SDN 28 Banda Aceh mengalami peningkatan. Sehingga diharapkan agar guru menggunakan media pembelajaran berbasis Mind Mapping dalam meningkatkan literasi numerasi berbasis AKM materi sifat urutan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.