PENGEMBANGAN LKS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGANSISWA KELAS V SDN 68 BANDA ACEH

Penulis

  • Nurul Asikin
  • Zaki Al Fuad
  • Cut Marlini

Kata Kunci:

lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran menulis karangan

Abstrak

Salah satu permasalahan yang ada di sekolah dasar yaitu masih minimnya minat siswa tehadap kegiatan menulis. Proses kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan salah satunya dengan menciptakan media pembelajaran berupa LKS. Pertanyaan peneliti bagaimana mengembangkan LKS pada pembelajaran menulis karangan siswa kelas V SDN 68 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran menulis karangan siswa yang valid. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan). Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah instrumen pengujian kevalidan berupa angket oleh validator. Hasil penelitian ini adalah (1) berdasarkan penilaian dari validator, bahan ajar yang disusun peneliti termasuk kategori sangat baik; (2) Hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan jumlah rata-rata skor 90.27% yang termasuk kategori sangat layak (3) Penilaian kelayakan oleh ahli desain mendapatkan jumlah rata-rata skor 81.66% yang termasuk kategori sangat layak (4) Penilaian kelayakan oleh ahli bahasa diperoleh 80% yang termasuk kategori layak sebagai bahan ajar. Berdasarkan uji coba kevalidan LKS yang dikembangkan berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian adalah 85.52% Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa  LKS yang dikembangkan memenuhi kategori valid sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar