PENGEMBANGAN MINIATURE LINGKUNGAN SEHAT SEBAGAI MEDIAPEMBELAJARAN SISWA KELAS V SD PADA SUB TEMA MANUSIADAN LINGKUNGAN

Penulis

  • Sarifa Aini
  • Haris Munandar
  • Safrina Junita

Kata Kunci:

miniatur lingkungan sehat media model 4-d.

Abstrak

Berdasarkan wawancara dan hasil informasi yang diperoleh oleh peneliti menunjukan bahwa belum ada media yang berbentuk media miniatur lingkungan sehat yang digunakan sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui pengembangan miniature lingkungan sehat sebagai media pembelajaran siswa kelas V SD pada sub tema manusia dan lingkungan. Miniatur adalah lingkungan merupakan salah satu media yang dapat digunakan sebagai saluran penyampaian pesan dari guru kepada peserta didik dalam proses pembelajaran.Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Four-D Model (4D) yaitu define (pendefinisan), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek  dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 5 orang. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar yang merupakan sekolah tempat dilakukannya uji coba produk.Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar validasi ahli dan angket respon siswa pada tahap uji coba.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari validator ahli diperoleh persentase rata-rata sebesar 82,6% dengan kriteria bahwa miniatur lingkungan sehat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan uji coba yang dilakukan kepada 5 orang peserta didik diperoleh persentase sebesar 100% yang artinya seluruh peserta didik tertarik menggunakan miniatur lingkungan sehat sebagai media pada pembelajaran IPA tema 8 sub tema 1 manusia dan lingkungan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar